RISET
PEMASARAN
Riset
Pasar oleh Philip Kotler (Kotler & Keller, 2006) didefinisikan sebagai
perancangan, pengumpulan, analisis dan pelaporan yang sistematis dari data atau
temuan yang relevan dengan situasi pemasaran tertentu yang dihadapi perusahaan.
Sedangkan American Marketing Association (AMA) (McDaniel, 2001) menjelaskan
riset pemasaran sebagai fungsi yang penghubung konsumen, pelanggan dan
masyarakat umum dengan pemasar melalui informasi ini digunakan untuk
mengidentifikasi dan menentukan peluang dan masalah pemasaran; merumuskan,
menyempurnakan dan mengevaluasi tindakan-tindakan pemasaran, memantau kinerja
pemasaran, dan menyempurnakan pemahaman mengenai pemasaran sebagai sebuah
proses serta pemahaman atas cara-cara yang dapat membuat aktivitas pemasaran
menjadi lebih efektif. Maka riset pasar dapat dikatakan sebagai pengumpulan dan
analisis secara sistematis dari data yang berhubungan dengan situasi pasar yang
selanjutnya dgunakan untuk mengidentifikasi, menentukan peluang dan masalah
untuk merumuskan, menyempurnakan dan mengevaluasi tindakan-tindakan pemasaran
sahingga aktivitas pemasaran menjadi lebih efektif dan efisien.
a.
Bisnis makin berkembang pesat dan kompleks sehingga perlu adanya riset untuk
dapat mecari peluang bisnis.
b.
Kekuatan pasar penjual bergeser ke arah pasar pembeli.
c.
Pelaku bisnis perlu selalu memantau, memahami dan memberikan segala sesuatu
yang diharapkan konsumen.
Riset
pemasaran dapat membantu perusahaan tentang apa yang dipilih, apa yang harus
dilakukan, mengapa harus dilakukan, bagaimana cara melakukan dan kapan dan
siapa yang melakukan.
Riset
pemasaran sebagai tindakan yang berdasarkan prinsip-prinsip ilmiah dan
dilakukan secara sistematis, yang dilakukan dalam kegiatan pemasaran bertujuan
untuk:
Untuk
mendapatkan informasi yang akurat sehingg dapat menjelaskan kenyataan sebagai
mana adanya dan bebas dari pengaruh pribadi
Riset
pemasaran sebagai tindakan yang sistematis seperti yang dijelaskan di atas
merupakan suatu tindakan yang dilakukan secara teratur dan konsisten didasarkan
atas kegiatan-kegiatan yang ilmiah serta dapat dibuktikan kebenarannya.sebagai
kegiatan yang sistematis maka kegiatan riset pemasaran dimulai dari perumusan
masalah, penentuan desain riset, perancangan metode pengumpulan data,
perancangan sampel dan pengumpulan data, analisis dan interpretasi data serta
penyusunan laporan riset.
Masing-masing
langkah dalam riset pemasaran dapat dijabarkan seperti di bawah ini:
a.
Perumusan
Masalah
Salah
satu peranan penting dari riset pemasaran adalah membantu merumuskan masalah
yang harus diatasi. Riset hanya dapat dirancang secara sistematis untuk
memberikan informasi berharga jika masalah yang dihadapi telah dirumuskan
secara jelas dan akurat. Proses perumusan masalah meliputi pula spesifikasi
tujuan riset yang dilakukan.
b.
Penentuan
Desain Riset
Pada
tahapan ini dibuat kerangka untuk melaksanakan penelitian. Di
dalamnya memuat secar a rinci prosedur untuk pengumpulan data, cara pengujian
hipotesis, kemungkinan jawab terhadap research
c.
Perancangan Metode Pengumpulan Data
Setelah ditentukan model yang
dipakai untuk pengumpulan data, dilakukan kegiatan pengumpulan data baik
primer maupun sekunder. Pengumpulan data primer dapat dilakukan dengan cara interviewing,
dengan wawancara langsung, telepon maupun surat. Sedangkan untuk mendapatkan
data sekunder dapat digunakan fasilitas internet, perpustakaan, publikasi
lembaga-lembaga statistik, majalah dan sebagainya.
d.
Perancangan Sampel dan Pengumpulan Data
Perancangan sampel harus
dilakukan dengan menspesifikasi kerangka sampling, proses pemilihan
sampel dan jumlah sampel. Kerangka sampling merupakan daftar unsur
populasi yang harus diambil sampelnya. Proses pemilihan sampel didasarkan pada
berbagai metode sampling, baik probability sampling maupun non
probability sampling.
e.
Analisis dan Interpretasi Data
Temuan riset pemasaran tidak akan
ada nilainya jika tidak dianalisis dan diinterpretasikan. Analisis data terdiri
atas beberapa langkah, yakni: editing, koding, tabulasi, analisis (misalnya uji
statistik) dan interpretasi data.
f.
Penyusunan Laporan Riset
Laporan riset merupakan
rangkuman hasil, kesimpulan dan rekomendasi penelitian yang diserahkan kepada
pihak manajemen untuk pengambilan keputusan. Biasanya laporan riset akan
menjadi standar penilaian yang digunakan para eksekutif dalam mengevaluasi
proses manfaat riset pemasaran. oleh sebab itu laporan riset harus jelas,
informatif dan akurat.
sumber:
http://agustocom.blogspot.com/2011/02/riset-pemasaran.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar