Sabtu, 27 Desember 2014

Tulisan 9 : Menghemat Baterai Android Saat Bermain Games



Hemat Baterai Android Saat Main Games

Bagaimana Cara Menghemat Baterai Android
Android seperti kita ketahui kebanyakan memiliki baterai yang tidak terlalu besar tetapi menguras banyak tenaga dengan penggunaan sehari-hari. Apalagi Android anda terbilang merupakan hp android murah atau tidak ada fitur terbaru dari Aplikasi maupun Sistem Android yang menghemat baterai Android anda, tentu saja hal ini akan membuat perangkat anda mudah kehabisan baterai dan cenderung baterai tidak awet lama.
Nah hal tersebut tentunya membuat anda jengkel dan kesal jika terus-terusan hal ini terjadi pada perangkat anda. Lalu bagaimana cara menghemat baterai Android yang sangat cukup efektif? Nah berikut ini Radar Tekno coba bahas satu persatu tips yang pastinya bisa anda coba dirumah untuk menghemat baterai anda jika anda mengalami baterai cepat habis pada perangkat smartphone.

1. Mengalihkan Koneksi
Biasanya sinyal 3G yang tidak stabil akan membuat smartphone kita terus-menerus bekerja keras untuk menangkap sinyal, jadi hal ini yang kemungkinan membuat baterai kita cepat habis. Matikan sinyal 3G jika anda pada lokasi yang memiliki sinyal buruk, jika ada koneksi Wi-Fi lebih baik gunakan koneksi tersebut agar baterai tetap awet.

2. Matikan Wi-Fi & Bluetooth
Pastikan jangan terus menerus menghidupkan Wi-Fi atau Bluetooth jika tidak digunakan, karena hal ini tentu saja akan menguras tenaga baterai anda. Cek icon pada perangkat anda lalu pastikan kedua fitur ini mati sehingga baterai anda lebih awet. Hidupkan Wi-Fi atau Bluetooth jika digunakan saja.

3. Matikan GPS
Sama seperti poin no 2, jangan selalu menghidupkan GPS soalnya banyak aplikasi yang menjalankan perintah untuk mengakses GPS jika anda hidupkan, hal ini yang lebih cepat membuat baterai menjadi boros. Selalu cek icon dari GPS apakah anda sudah mematikannya atau belum, jika belum pastikan harus anda matikan jika tidak diperlukan.

4. Kurangi Kecerahan Layar (Brightness)
Brightness atau kecerahan juga menjadi salah satu penyebab baterai Android menjadi lebih boros, keindahan hp android adalah pada layarnya yang memberikan Anda warna nyata nan menabjubkan apalagi bila hp Anda seperti Samsung Galaxy terbaru yang sudah memakai teknologi Super Amoled. Namun, layar hebat ini termasuk faktor terbesar baterai hp android Anda terkuras, jadi rendahkanlah pada kondisi gelap dan naikan sedikit saja bila kondisi ruag terlalu terang.

5. Kurangi Volume dan Matikan Getar
Jika anda tidak sedang berkendaraan, mematikan getar tentu tidak menjadi masalah. Kurangi volume pula jika anda berada dalam ruangan yang tidak ramai dengan suara. Soalnya kedua hal ini bisa mengurangi daya penggunaan baterai pada Android anda.

6. Pergunakan Aplikasi Penghemat Baterai
Penggunaan aplikasi penghemat baterai sebenarnya tidak akan terlalu signifikan dalam menghemat baterai anda, tetapi pada beberapa aplikasi telah dilengkapi dengan fitur pengingat yang biasanya akan mengingatkan anda jika baterai dalam keadaan kosong, atau pada prosentase tertentu akan secara otomatis melakukan pengaturan sendiri, misal mematikan Internet Data, mengurangi kecerahan layar atau bahkan anda bisa mengaturnya menjadi mode pesawat jika ponsel sudah tidak digunakan (biasanya pada malam hari).

sumber:
 http://www.tumblr.com/search/Hemat+Baterai+Android+Saat+Main+Games

Tidak ada komentar:

Posting Komentar